CONTOH-CONTOH FORMAT
PENILAIAN KARAKTER
1. CONTOH FORMAT PENILAIAN KARAKTER KEMANDIRIAN
No.
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Memahamai bacaan dalam buku
pelajaran.
|
|
|
|
|
2.
|
Menyimak penjelasan.
|
|
|
|
|
3.
|
Menyimak penjelasan.
|
|
|
|
|
4.
|
Mengerjakan tes tertulis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai =
|
|
|
|
|
2. CONTOH
RUBRIK PENILAIAN KARAKTER DALAM DISKUSI :
SKALA
PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek yang dinilai Skors Maksimal
1. Aktivitas diskusi 3
2. Kualitas jawaban 3
3. Sikap dalam diskusi 4
4. Ketepatan mengumpulkan pekerjaan 5
5. Kualitas hasil pekerjaan 5
Nilai = Skors Perolehan x 5
3. CONTOH RUBRIK PENILAIAN OBSERVASI KERJA
KELOMPOK
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek yang dinilai Skors Maksimal
1. Ketepatan aspek yang ditanyakan 4
2. Kebenaran mendapatkankan informasi 4
3. Kerja sama dalam kelompok 3
4. Ketepatan waktu menyerahkan laporan 2
_____________
Jumlah skors maksimal 15
Nilai = Skor Perolehan : 15 x 100
4.
CONTOH SKALA LIKERT PENILAIAN DIRI SENDIRI
( SELF
ASSESSMENT )
Setelah mengikuti
pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini.
Silanglah:
1 untuk BELUM BAIK,
2 untuk CUKUP BAIK,
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
sesuai dengan diri kalian.
1. Bekerja sama dengan teman sekelas 1 2
3 4
2. Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
3. Bekerja dengan cermat/teliti 1
2 3 4
4. Menghargai pendapat teman sekelas 1 2
3 4
5. Mencari bahan tugas sendiri 1 2
3 4
6. Membuat tugas
sendiri
1 2
3 4
7. Menghargai karya orang la 1
2 3 4
|
5. RUBRIK PENILAIAN
SISWA
TERHADAP KELOMPOK/SISWA LAIN
Nama
Siswa
|
Patuh pada aturan sosial
|
Kerjasama
|
Santun
|
||||||||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
1.
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
Keterangan : a = sangat baik; b = baik c = cukup d = kurang e = sangat kurang
Keterangan : a = sangat baik; b = baik c = cukup d = kurang e = sangat kurang
6. LEMBAR PENILAIAN DIRI ( SELF
ASSESSMENT ) DENGAN SKALA
RATING
§ Nama : …………………………………………..
§ Anggota
kelompok : …………………………………..
§ Kegiatan
kelompok : …………………………………..
§ Untuk
pertanyaan 1 sampai 5 tulis masing-masing huruf sesuai dengan pendapatmu
·
A
= selalu
·
B
= jarang
·
C
= jarang sekali
·
D
= tidak pernah
1.
……..Selama diskusi saya memberikan saran kepada kelompok untuk didis-
kusikan
2.
……..Ketika kami berdiskusi, setiap anggota memberikan masukan untuk
didis-
kusikan
3.
……..Semua anggota kelompok harus melakukan sesuatu dalam kegiatan
kelompok
4.
……..Setiap anggota kelompok mengerjakan kegiatannya sendiri dalam
kegiatan
kelompok
5.
……..Selama kegiatan kelompok, saya . . . .
………mendengarkan
……….mengendalikan kelompok
………bertanya
………..mengganggu kelompok
………merancang gagasan ……….bermain-main sendiri
6.
Selama kegiatan kelompok , tugas apa yang kamu lakukan ?
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………….
|
7. LEMBAR
PENILAIAN
Tugas:
Berikan penilaian sesuai
dengan keadaan diri kalian sendiri dengan jujur.
Format Penilaian Karakter Percaya Diri:
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Nilai
|
||
Kurang
|
Menuju
|
Memadai
|
||
1
|
Mengungkapkan
pertanyaan.
|
|
|
|
2
|
Menanggapi
jawaban peserta didik lain.
|
|
|
|
3
|
Menguasai
materi pelajaran.
|
|
|
|
4
|
Memberikan
penjelasan.
|
|
|
|
Jumlah
Nilai
|
|
|
|
8. Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Siswa: …………………… Kelas: …………… Tanggal:
……………………..
Petunjuk:
Untuk
setiap perilaku berkarakter berikut ini, rankinglah perilaku berkarakter siswa
menggunakan skala berikut ini:
D =
Memerlukan C = Menunjukkan B = Memuaskan A = Sangat baik
perbaikan kemajuan
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan kemajuan (C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Jujur
|
|
|
|
|
2
|
Peduli
|
|
|
|
|
3
|
Tanggungjawab
|
|
|
|
|
4
|
Toleransi
|
|
|
|
|
5
|
Selalu melakukan yang terbaik
|
|
|
|
|
6
|
Kreatif
|
|
|
|
|
7
|
Terbuka dan
mendengarkan pendapat teman
|
|
|
|
|
8
|
Tidak mencela teman dengan kasar
|
|
|
|
|
9
|
Membantu teman yang membutuhkan
|
|
|
|
|
9. Format Pengamatan Keterampilan
Sosial
Siswa: ………………… Kelas:
……. Tanggal:
…………………..
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, rankinglah
keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan C = Menunjukkan B
= Memuaskan A = Sangat baik
perbaikan kemajuan
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan kemajuan (C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Bertanya
|
|
|
|
|
2
|
Menyumbang idea tau pendapat
|
|
|
|
|
3
|
Menjadi pendengar yang baik
|
|
|
|
|
4
|
Komunikasi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment