Nilai-nilai Karakter
Berdasarkan
kajian nilai-nilai agama, norma-norma sosial, peraturan/hukum, etika akademik,
dan prinsip-prinsip HAM, telah teridentifikasi butir-butir nilai yang
dikelompokkan menjadi lima nilai utama, yaitu nilai-nilai perilaku manusia
dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, dan
lingkungan serta kebangsaan. Berikut adalah daftar nilai-nilai utama yang
dimaksud dan diskripsi ringkasnya.
1.
Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan
a. Religius
Pikiran,
perkataan, dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada
nilai-nilai Ketuhanan dan/atau ajaran agamanya.
2.
Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri
a. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai
orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan,
baik terhadap diri dan pihak lain
b. Bertanggung jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan
kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri,
masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan YME.
c. Bergaya hidup sehat
Segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam
menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat
mengganggu kesehatan.
d.
Disiplin
Tindakan yang
menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
e.
Kerja keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam
mengatasi berbagai hambatan guna
menyelesaikan tugas (belajar/pekerjaan) dengan sebaik-baiknya.
f.
Percaya diri
Sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainya
setiap keinginan dan harapannya.
g. Berjiwa
wirausaha
Sikap dan
perilaku yang mandiri dan pandai atau berbakat mengenali produk baru,
menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru,
memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
h. Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
Berpikir dan melakukan sesuatu secara kenyataan atau
logika untuk menghasilkan cara atau hasil baru dan
termutakhir dari apa yang telah
dimiliki.
i.
Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam
menyelesaikan tugas-tugas.
j.
Ingin tahu
Sikap dan
tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari
apa yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
k.
Cinta ilmu
Cara berpikir, bersikap dan
berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap pengetahuan.
3.
Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama
a. Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
Sikap tahu dan mengerti serta melaksanakan apa yang menjadi milik/hak
diri sendiri dan orang lain serta tugas/kewajiban diri sendiri serta orang
lain.
b. Patuh pada aturan-aturan sosial
Sikap menurut dan taat terhadap
aturan-aturan berkenaan dengan masyarakat dan kepentingan umum.
c.
Menghargai karya dan prestasi orang lain
Sikap dan
tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi
masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.
d. Santun
Sifat
yang halus dan baik dari sudut pandang
tata bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang.
e. Demokratis
Cara berfikir, bersikap
dan bertindak yang menilai sama
hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
4.
Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan
a. Peduli
sosial dan lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah
kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya
untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalu ingin memberi
bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
5. Nilai kebangsaan
Cara
berpikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara
di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
a. Nasionalis
Cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan
kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan
yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan
politik bangsanya.
b.
Menghargai keberagaman
Sikap memberikan respek/ hormat
terhadap berbagai macam hal baik yang berbentuk
fisik, sifat, adat, budaya, suku, dan agama.
Nilai-nilai karakter mulia yang
dapat ditanamkan :
mandiri, hidup sehat, bertanggung jawab, cinta ilmu, sabar, berhati-hati, rela
berkorban, pemberani, dapat dipercaya, jujur, menepati janji, adil, rendah
hati, malu berbuat salah, pemaaf, berhati lembut, setia, bekerja keras, tekun,
ulet/gigih, teliti, berinisiatif, berpikir positif, disiplin, antisipatif, inisiatif,
visioner, bersahaja, bersemangat, dinamis, hemat/efisien, menghargai waktu,
pengabdian/dedikatif, pengendalian diri, produktif, ramah, cinta keindahan
(estetis), sportif, tabah, terbuka, tertib.
Distribusi
Butir-butir Karakter Utama ke Dalam Mata Pelajaran
Diatas disebutkan ada banyak nilai yang perlu
ditanamkan pada siswa. Apabila semua nilai tersebut harus ditanamkan dengan
intensitas yang sama pada semua mata pelajaran, penanaman nilai menjadi sangat
berat. Oleh karena itu perlu dipilih sejumlah nilai utama sebagai pangkal tolak
bagi penanaman nilai-nilai lainnya. Selain itu, untuk membantu fokus penanaman
nilai-nilai utama tersebut, nilai-nilai tersebut perlu dipilah-pilah atau
dikelompokkan untuk kemudian diintegrasikan pada mata pelajaran-mata pelajaran yang
paling cocok. Dengan kata lain, tidak setiap mata pelajaran diberi integrasi
semua butir nilai tetapi beberapa nilai utama saja walaupun tidak berarti bahwa
nilai-nilai yang lain tersebut tidak diperkenankan diintegrasikan ke dalam mata
pelajaran tersebut. Dengan demikian setiap mata pelajaran memfokuskan pada penanaman
nilai-nilai utama tertentu yang paling dekat dengan karakteristik mata pelajaran yang
bersangkutan. Tabel 1.1 menyajikan contoh distribusi nilai-nilai utama ke dalam
mata pelajaran.
Tabel 1.1. Contoh Distribusi Nilai-Nilai Utama ke Dalam Mata Pelajaran
Mata
Pelajaran
|
Nilai
Utama
|
1. Pendidikan Agama
|
Religius, jujur, santun, disiplin, bertanggung jawab, cinta ilmu, ingin
tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan social, bergaya
hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, peduli
|
2. PKn
|
Nasionalis, patuh pada aturan sosial, demokratis, jujur, menghargai
keragaman, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
|
3. Bahasa Indonesia
|
Berfikir
logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, bertanggung jawab, ingin
tahu, santun, nasionalis
|
4. IPS
|
Nasionalis, menghargai keberagaman, Berpikir
logis, kritis, kreatif, dan inovatif, peduli social dan lingkungan, berjiwa
wirausaha, jujur, kerja keras
|
5. IPA
|
ingin tahu, berpikir logis,
kritis, kreatif, dan inovatif, jujur, bergaya hidup sehat, percaya diri,
menghargai keberagaman, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, peduli
lingkungan, cinta ilmu
|
6. Bahasa Inggris
|
Menghargai
keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan sosial
|
matematika
|
Ingin tahu, berpikir logis, kritis, kreatif dan
inovatif, jujur, percaya diri, disiplin, mandiri, bertanggungjawab, kerja
keras, cinta ilmu
|
7. Seni Budaya
|
Menghargai keberagaman, nasionalis,
dan menghargai karya orang lain, ingin tahu, jujur, disiplin, demokratis
|
8. Penjasorkes
|
Bergaya
hidup sehat, kerja keras, disiplin, jujur, percaya diri,
mandiri, menghargai karya dan prestasi orang lain
|
9. TIK/Keterampilan
|
Berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif, mandiri, bertanggung jawab, dan menghargai karya
orang lain
|
10. Muatan Lokal
|
Menghargai keberagaman,
menghargai karya orang lain, nasionalis, peduli
|
No comments:
Post a Comment