Friday 22 February 2013

Download Kisi-kisi USBN PAI SD Tahun 2013

Download Kisi-kisi USBN PAI SD Tahun 2013
Kisi-kisi USBN PAI SD Tahun pelajaran 2012/2013
Kisi-kisi USBN PAI SD Tahun pelajaran 2012/2013

Tahun pelajaran 2012/2013 merupakan tahun ke-5 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dasar masuk program Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sejak tahun pelajaran 2008/2009 PAI menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan pada USBN.

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam telah merilis kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional pendidikan agama islam tingkat sekolah dasar tahun pelajaran 2012/2013 atau USBN PAI SD. Berikut beberapa Standar Kompetensi ulasan di Kisi-kisi USBN PAI SD:

Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
Mengenal sifat jaiz Allah SWT
Mengenal Malaikat dan tugasnya
Membiasakan perilaku terpuji
Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
Menceritakan kisah Nabi 

Dalam Kisi-kisi USBN PAI SD Tahun pelajaran 2012/2013 terdapat 50 indikator, sebagai dasar pembuatan soal USBN PAI SD. Selangkapnya Kisi-kisi USBN PAI SD tersebut bisa didownload di sini.

Dengan Bapak Ibu, khususnya guru PAI SD mendapatkan Kisi-kisi USBN PAI SD 2013 ini dengan 'mendownloadnya', guru dapat segera memanfaatkan kisi-kisi USBN PAI SD tersebut sebagai acuan untuk pendalaman materi kepada peserta didiknya. Sedangkan untuk Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SD/MI Tahun 2013 bisa didownload di sini
Kisi-Kisi Ujian Sekolah dan Praktek SD Tahun 2012
Di Tahun ini selain melaksanakan Ujian Nasional, siswa SD juga akan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Ada 3 Mata Pelajaran yang diujikan di ujian nasional (UN), yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Lalu selain Ujian Nasional (UN) seluruh mata pelajaran di sekolah dasar akan diujikan melalui Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Dalam USBN ada dua jenis tes (ujian) yaitu ujian tulis dan ujian praktek.

Selain Ujian Nasional, Ujian Sekolah menjadi salah satu penentu siswa dinyatakan lulus dari satuan pendidikan. Untuk membantu mempersiapkan tenaga pendidik dan siswa sekolah dasar dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah 2011-2012 sebagai syarat kelulusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis kisi-kisi Ujian Nasional SD dan USBN. Berikut kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional untuk semua mata pelajaran;

1. Kisi-kisi Ujian Tulis (Semua Mata Pelajaran) - Download
2. Kisi-kisi Ujian Praktek (Semua Mata Pelajaran) - Download
3. Pedoman Penilaian Ujian Tulis dan Ujian Praktek (Semua Mata Pelajaran) - Download

Di dalam file yang berformat rar di atas berisi semua mata pelajaran sekolah dasar yang diujikan, mulai Pelajaran agama (untuk kisi-kisi PAI bisa dilihat di sini), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, IPA, IPS, Matematika, Penjas, PKn dan SBK. Di atas disertai juga pedoman penilaian ujian tulis dan ujian praktek USBN untuk semua mata pelajaran SD. Semoga dengan kisi-kisi ujian sekolah dapat membantu pendidik dan siswa untuk menghadapi ujian sekolah berstandar nasional.

No comments:

Post a Comment