Sunday 7 October 2012

PIDATO HARI ANAK NASIONAL

Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarrokatuh,
Bapak ,Ibu, dewan juri yang terhormat,pada kesempatan lomba pidato dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2012 ini, saya akan membawakan tema       “ Kejujuran dan Keterbukaan “ .
Rasanya dua kata tersebut sekarang ini sering diucapkan atau dipesankan oleh bapak ,ibu guru saya di sekolah, bahwa sekarang kita harus jujur dan terbuka atau transparan. Dalam hati saya bingung ,apakah selama ini saya atau guru saya yang kurang jujur ya. Ah tidak ! Saya percaya kepada semua bapak ibu guru saya bahwa beliau adalah pengganti kedua orang tua saya, yang selalu mendidik saya dan kawan-kawan dengan tulus, jujur dan ihklas.
Memang, kata guru saya kejujuran sekarang harus ditingkatkan agar saya sebagai murid benar-benar menjadi generasi penerus yang mengutamakan kejujuran. Seperti yang kita ketahui bahwa di Lembar Jawab Ujian Nasional kakak saya kelas 6 yang baru saja mengikuti Ujian Nasional , katanya sekarang harus menyalin kalimat                    “ Saya mengerjakan ujian dengan jujur “ di Lembar Jawabnya .Dari situ saya sebagai murid harus melaksanakan himbauan bapak ibu guru tersebut agar menjadi generasi yang mempunyai moral yang baik. Kalau segala sesuatu dimulai dengan kejujuran maka tidak akan ada kebohongan . Sehingga kalau memang sesuatu itu baik maka memang benar-benar baik adanya ,tidak ada rekayasa karena semua memang benar dan sesuai kenyataan. Dan kelihatannya kakak-kakak saya yang kelas 6 betul – betul mematuhi perintah bapak-ibu guru, mereka tidak melakukan kecurangan agar apa yang ditulis di lembar jawab itu dapat dibuktikan.
Sedangkan untuk keterbukaan sekarang sudah mulai dicontohkan oleh bapak ibu guru saya di sekolah lewat dipajangnya Laporan Penggunaan Dana BOS di sekolahku. Saya dan teman-teman akhirnya tahu dana BOS di sekolahku untuk biaya apa saja, bahkan bukan saya dan teman-teman saja yang boleh membaca tetapi siapa saja boleh membaca karena dipajang secara terbuka di luar.
Bahkan kadang-kadang orang tua saya dan teman-teman diundang oleh bapak kepala sekolah untuk diajak rapat musyawarah tentang BOS. Saya senang sekolah di SD ku karena selain bapak ibu gurunya sabar – sabar juga tidak pernah ada pungutan apapun  atau gratis –tis semua biaya sekolahku. Maka rugilah saya apabila tidak belajar dengan sungguh-sungguh, agar bapak ibu saya yang di rumah senang dan bapak ibu guru juga bangga dengan siswa-siswanya.
Bapak ibu dewan juri yang terhormat,
Saya sebagai murid sangat mengharap bapak-ibu guru tidak bosan-bosannya  untuk mengingatkan saya dan teman-teman untuk selalu berbuat jujur ,jangan suka berbohong agar nanti apabila menjadi orang dewasa tetap terbiasa jujur tidak melakukan kecurangan yang mengakibatkan perbuatan yang tidak baik. Karena apabila bapak ibu guru sering mengingatkan  saya dan teman-teman , bapak ibu guru insyaAllah juga akan berbuat jujur . Betapa indahnya apabila tidak terjadi kebohongan atau kecurangan antara murid dengan murid , antara murid dengan guru apalagi antar bapak ibu guru sendiri.
Demikian tema “ kejujuran dan keterbukaan “ yang dapat saya sampaikan melalui lomba pidato memperingati Hari Anak Nasional 2012 ini, apabila ada kata-kata saya yang kurang sopan di hati bapak ibu dewan juri , saya mohon maaf.
Akhirnya Wassalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh.                                      

TEKS PIDATO

LOMBA MEMPERINGATI                                                                 HARI ANAK NASIONAL ( HAN )


                      TEMA :   
       Kejujuran Dan Keterbukaan

                        OLEH:
SDN KEDUNG MLATEN




PEMERINTAH KABUPATEN NGANJUK
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH
UPTD PENDIDIKAN TK, SD DAN PLB
KECAMATAN LENGKONG
2012





SDN KEDUNGMLATEN


No comments:

Post a Comment