CONTOH PROGRAM REMIDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN
CONTOH PROGRAM REMIDIAL
Sekolah : SMP Negeri ............
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran : Matematika
Ulangan Harian ke : 2
Tanggal Ulangan Harian : 1 Maret 2011
Bentuk Soal UH : Uraian
Materi UH (KD/Indikator) : 4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1. Menghitung keliling lingkaran
2. Menghitung luas lingkaran.
3. Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
Rencana Ulangan Rem : 8 Maret 2011
KKM : 70
KKM : 70
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang tidak dikuasai
|
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
|
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes Remidial
|
Nilai Tes Rem
|
Ket.
|
( 1 )
|
( 2 )
|
( 3 )
|
( 4 )
|
( 5 )
|
( 6 )
|
(7)
|
(8)
|
1.
|
Aco
|
65
|
2, 3
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
1, 2, 3, 4
|
85
|
Tuntas
|
2.
|
Besse
|
68
|
3
|
Diberikan Tugas khusus
|
3, 4
|
98
|
Tuntas
|
3.
|
Dst…………
|
Sengkang, 2011
Guru Mata Pelajaran
UMAR MUHADI
NIP.
Keterangan :
· Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
Misalnya : Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
· Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa Aco dan Besse memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1. Cara yang dapat ditempuh
a. Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b. Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a. Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b. Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
c. Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2. Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
a. Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator yang belum tuntas.
b. Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran remedial:
v Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
v Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.
CONTOH PROGRAM PENGAYAAN
Sekolah : SMP Negeri ...............
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran : Matematika
KKM Mata Pelajaran : 70
Materi (KD/Indikator) : 4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1. Menghitung keliling lingkaran
2. Menghitung luas lingkaran.
3. Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulangan
|
Bentuk Pengayaan
|
1.
|
Condeng
|
90
|
Contoh:
1. Memberikan soal-soal pemecahan masalah, misalnya soal-soal Olimpiade yang terkait dengan materi lingkaran.
2. Memanfaatkan Condeng dan Dandang untuk menjadi Tutor Sebaya
|
2.
|
Dandang
|
100
| |
Dst ……………..
|
Sengkang, 2011
Guru Mata Pelajaran
UMAR MUHADI
NIP.
Pelaksanaan Program Pengayaan
1. Cara yang dapat ditempuh:
a. Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b. Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf, dll.
c. Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d. Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
2. Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a. Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b. Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
· setelah mengikuti tes/ulangan KD tertentu atau kesatuan KD tertentu, dan atau
· pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan
Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran, kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.
contoh lain:
contoh lain:
PROGRAM REMIDIAL DAN PENGAYAAN
PROGRAM REMEDIAL
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Standar Kompetensi :
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bentuk Pelaksanaan Remedial
|
Penilaian Ulang
|
Keterangan
| ||
Tugas Individu
|
Tugas Kelompok
|
Pembelajaran Ulang
| |||||
1-20%
|
21-50%
|
>50%
| |||||
PROGRAM PENGAYAAN
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Standar Kompetensi :
No
|
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
Asal Materi/Soal
|
Penilaian
|
Keterangan
| ||
BANK SOAL
|
UAN
|
Olimpiade
| |||||
PROGRAM REMIDIAL
Sekolah : SMP Negeri 3 Cipanas
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran : Matematika
Ulangan Harian
ke : 2
Tanggal Ulangan Harian : 1 Maret 2010
Bentuk Soal
UH : Uraian
Materi UH
(KD/Indikator) :
4.2 Menghitung keliling dan luas
lingkaran
1. Menghitung keliling lingkaran
2. Menghitung luas lingkaran.
3.
Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang
terkait dengan kehidupan sehari-hari.
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulg
|
Indikator yg tdk dikuasai
|
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
|
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes Remidial
|
Nilai Tes Rem
|
Ket.
|
( 1 )
|
( 2 )
|
( 3 )
|
( 4 )
|
( 5 )
|
( 6 )
|
(7)
|
(8)
|
1.
|
Oman D.
|
46
|
2, 3
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
2, 3,
4, 5
|
60
|
Tuntas
|
2.
|
Underi
|
48
|
3
|
Diberikan Tugas khusus
|
4, 5
|
68
|
Tuntas
|
3.
|
Idit
Suardi
|
50
|
2
|
Diberikan Tugas khusus
|
2, 3
|
60
|
Tuntas
|
4
|
Solahudin
|
46
|
2, 3
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
2, 3,
4, 5
|
75
|
Tuntas
|
5
|
Sulaeman
|
40
|
1, 3
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
1, 3,
4, 5
|
63
|
Tuntas
|
6
|
Pian
Ajid
|
48
|
3
|
Diberikan Tugas khusus
|
4, 5
|
70
|
Tuntas
|
Rencana Ulangan Rem :
8 Maret 2010
KKM : 57
Cipanas, 6 Maret 2010
KKM : 57
Cipanas, 6 Maret 2010
Guru Mata Pelajaran
Ihin Solihin, S.Pd.
NIP.198007052009021006
Keterangan :
●
Pada
kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat
kesukaran berbeda-beda
Misalnya :
Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
●
Pada
kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau
tidak tuntasnya dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang
akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa Aco dan Besse
memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).
Bentuk Pelaksanaan
Pembelajaran Remedial
1.
Cara yang dapat ditempuh
a. Pemberian bimbingan secara khusus
dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam
penguasaan KD tertentu.
b. Pemberian tugas-tugas atau
perlakuan (treatment) secara khusus,
yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a. Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b.
Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema,
grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
c. Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.
Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
a. Program
remedial diberikan hanya pada KD atau indikator yang belum tuntas.
b. Program remedial dilaksanakan
setelah mengikuti tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam
satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran
remedial:
●
Penugasan individu diakhiri dengan tes
(lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
●
Penugasan kelompok diakhiri dengan tes
individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi
lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes
individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih
dari 50 %.
PROGRAM PENGAYAAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Cipanas
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran : Matematika
KKM Mata Pelajaran : 70
Materi (KD/Indikator) : 4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1. Menghitung keliling lingkaran
2. Menghitung luas lingkaran.
3.
Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang
terkait dengan kehidupan sehari-hari.
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulangan
|
Bentuk Pengayaan
|
1.
|
Eva Setiawati
|
90
|
1.
Memberikan soal-soal pemecahan masalah, misalnya soal-soal Olimpiade
yang terkait dengan materi lingkaran.
2.
Memanfaatkan Eva Setiawati, Kulsum, Uswatun Hasanah, dan Selly Agustin
untuk menjadi Tutor Sebaya
|
2.
|
Kulsum
|
100
|
|
3.
|
Uswatun Hasanah
|
100
|
|
4.
|
Selly Agustin
|
90
|
|
Cipanas, 6 Maret 2010
Guru Mata Pelajaran
Ihin Solihin, S.Pd. NIP.198007052009021006
Pelaksanaan Program Pengayaan
1.
Cara yang dapat ditempuh:
a. Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan
memperluas wawasan bagi KD tertentu
b. Pemberian
tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf, dll.
c. Memberikan
soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d. Membantu
guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
2.
Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a. Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau
indikator yang dipelajari , bisa
berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b. Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
● setelah
mengikuti tes/ulangan KD tertentu atau kesatuan KD tertentu,
dan atau
● pada
saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman
lainnya maka dilayani dengan program pengayaan
Sebagai
bagian integral dari kegiatan pembelajaran, kegiatan pengayaan tidak lepas
kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu
tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk
portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik
yang normal.
CONTOH SOAL TES REMIDIAL
1. Hitunglah
keliling lingkaran yang memiliki panjang jari-jari 7 cm !
2. Tentukan
panjang jari-jari sebuah lingkaran jika diketahui kelilingnya 88 cm!
3. Hitunglah luas lingkaran yang memiliki panjang
jari-jari 14 cm !
4. Sebuah
lingkaran memiliki luas 154 cm2. Hitunglah panjang jari-jarinya!
5. Sebuah
taman berbentuk lingkaran dengan panjang diameter 14 m. Jika disekeliling taman
itu akan ditanami pohon palem dengan jarak 2 m, berapakah jumlah pohon palem
yang bisa ditanam di taman itu?
CONTOH SOAL PENGAYAAN
Perhatikan gambar berikut ini !
No comments:
Post a Comment