Monday 30 September 2013

CONTOH PROGRAM REMIDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN

CONTOH PROGRAM REMIDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN



CONTOH PROGRAM REMIDIAL

Sekolah                                 :     SMP Negeri  ............
Kelas / Semester                   :     VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran                      :     Matematika
Ulangan Harian  ke                :     2
Tanggal Ulangan Harian         :     1 Maret 2011
Bentuk Soal UH                    :     Uraian
Materi UH  (KD/Indikator)       :    4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1.  Menghitung keliling lingkaran
2.  Menghitung luas lingkaran.
3.  Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
Rencana Ulangan Rem         :     8 Maret 2011
KKM                                 :     70


No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Indikator yang tidak dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1.
Aco
65
2, 3
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1, 2, 3, 4
85
Tuntas
2.
Besse
68
3
Diberikan Tugas khusus
3, 4
98
Tuntas
3.
Dst…………






Sengkang,                    2011
Guru Mata Pelajaran


UMAR MUHADI
NIP.
Keterangan :
·         Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
        Misalnya     :    Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
                               Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
·         Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa Aco dan Besse  memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).

Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.    Cara yang dapat ditempuh
a.       Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b.      Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
      Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
      a.  Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
      b.  Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
       c.  Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.    Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
 a.      Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.
 b.     Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:
v        Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
v       Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.

CONTOH PROGRAM PENGAYAAN

Sekolah                            :  SMP Negeri ...............
Kelas / Semester              :   VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran                 :   Matematika
KKM Mata Pelajaran       :  70
Materi  (KD/Indikator)      :   4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1.  Menghitung keliling lingkaran
2.  Menghitung luas lingkaran.
3.  Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. 


No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan
1.
Condeng
90
Contoh:
1.     Memberikan soal-soal  pemecahan masalah, misalnya soal-soal Olimpiade yang terkait dengan materi lingkaran.
2.     Memanfaatkan  Condeng dan Dandang untuk menjadi Tutor Sebaya
2.
Dandang
100

Dst ……………..

Sengkang,             2011
Guru Mata Pelajaran




UMAR MUHADI
NIP.
Pelaksanaan Program Pengayaan
1.      Cara yang dapat ditempuh:
a.      Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b.      Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf, dll.
c.       Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d.      Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.

2.      Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a.       Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b.      Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
·         setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau
·         pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan

Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,  kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.

contoh lain:

PROGRAM REMIDIAL DAN PENGAYAAN


PROGRAM REMEDIAL
Mata Pelajaran             :
Kelas/Semester                        :
Standar Kompetensi    :

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Bentuk Pelaksanaan Remedial
Penilaian Ulang
Keterangan
Tugas Individu
Tugas Kelompok
Pembelajaran Ulang



1-20%
21-50%
>50%



























PROGRAM PENGAYAAN

Mata Pelajaran             :
Kelas/Semester                        :
Standar Kompetensi    :

No
Kompetensi dasar
Indikator
Asal Materi/Soal
Penilaian
Keterangan
BANK SOAL
UAN
Olimpiade


























PROGRAM REMIDIAL

Sekolah                                   :  SMP Negeri  3 Cipanas
Kelas / Semester                    :  VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran                        :  Matematika
Ulangan Harian  ke                 :  2
Tanggal Ulangan Harian         :   1 Maret 2010
Bentuk Soal UH                      :   Uraian
Materi UH  (KD/Indikator)       :    4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1.  Menghitung keliling lingkaran
2.  Menghitung luas lingkaran.
3.  Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
No.
Nama Siswa
Nilai Ulg
Indikator yg tdk dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes  Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1.
Oman D.
46
2, 3
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
2, 3, 4, 5
60
Tuntas
2.
Underi
48
3
Diberikan Tugas khusus
4, 5
68
Tuntas
3.
Idit Suardi
50
 2
Diberikan Tugas khusus
2, 3
60
Tuntas
4
Solahudin
46
2, 3
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
2, 3, 4, 5
75
Tuntas
5
Sulaeman
40
1, 3
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1, 3, 4, 5
63
Tuntas
6
Pian Ajid
48
3
Diberikan Tugas khusus
4, 5
70
Tuntas
Rencana Ulangan Rem          :     8 Maret 2010
KKM                                        :     57
                                                                                                      Cipanas,  6 Maret 2010        
                                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Ihin Solihin, S.Pd.                                                                                                                                                   NIP.198007052009021006
Keterangan :
      Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
        Misalnya     :   Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
                                  Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
      Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa Aco dan Besse  memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).





Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.    Cara yang dapat ditempuh
a.  Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b.  Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
      Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
      a.  Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
      b.  Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
       c.  Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.    Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
a.  Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.
b.  Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:
      Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
      Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.



PROGRAM PENGAYAAN

Sekolah                                   :  SMP Negeri  3 Cipanas
Kelas / Semester                    :  VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran                        :  Matematika
KKM Mata Pelajaran                          :  70
Materi  (KD/Indikator)             :   4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1.  Menghitung keliling lingkaran
2.  Menghitung luas lingkaran.
3.  Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.

No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan
1.
Eva Setiawati
90
1. Memberikan soal-soal  pemecahan masalah, misalnya soal-soal Olimpiade yang terkait dengan materi lingkaran.
2. Memanfaatkan  Eva Setiawati, Kulsum, Uswatun Hasanah, dan Selly Agustin untuk menjadi Tutor Sebaya
2.
Kulsum
100

3.
Uswatun  Hasanah
100

4.
Selly Agustin
90

     
 Cipanas,  6 Maret 2010        
                                                                                                           Guru Mata Pelajaran

Ihin Solihin, S.Pd.                                                                                                                                                    NIP.198007052009021006
Pelaksanaan Program Pengayaan
1.      Cara yang dapat ditempuh:
a.  Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b.  Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf, dll.
c.  Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d.  Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.

2.      Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a. Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari ,  bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b. Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
      setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau
      pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan

Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,  kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.



CONTOH SOAL TES REMIDIAL

1.       Hitunglah keliling lingkaran yang memiliki panjang jari-jari 7 cm !
2.       Tentukan panjang jari-jari sebuah lingkaran jika diketahui kelilingnya 88 cm!
3.        Hitunglah luas lingkaran yang memiliki panjang jari-jari 14 cm !
4.       Sebuah lingkaran memiliki luas 154 cm2. Hitunglah panjang jari-jarinya!
5.       Sebuah taman berbentuk lingkaran dengan panjang diameter 14 m. Jika disekeliling taman itu akan ditanami pohon palem dengan jarak 2 m, berapakah jumlah pohon palem yang bisa ditanam di taman itu?

CONTOH SOAL PENGAYAAN
Perhatikan gambar berikut ini !


No comments:

Post a Comment